Tata Bahasa JLPT N3 - ta bakari(たばかり)


Selamat pagi teman-teman Nihon Daigaku, sepertinya saya akan mencampurkan materi tata bahasa, jadi tidak hanya untuk yang pemula saja tapi juga campur dengan tata bahasa yang untuk menengah. Sesuai janji saya karena saya anggap yang sudah belajar bahasa Jepang pemula sudah bisa membaca Hiragana dan Katakana maka cara bacanya tidak lagi pakai romaji. Yang belum hafal saya harapkan dihafal ya :D Rugi loh belajar bahasa Jepang tapi tidak hafal Hiragana dan Katakana yang merupakan huruf dasar dari bahasa Jepang. Ambil pengaruh positifnya ya teman-teman, ini juga demi kemajuan kemampuan belajar bahasa Jepang kalian.
Okelah langsung saja, kali ini Nihon Daigaku akan mengajarkan ~ta bakari(~たばかり)yang berarti baru saja. Biasanya ini digunakan untuk menyampaikan suatu hal atau kegiatan yang baru saja selesai. 

~ta bakari(~たばかり): Baru saja

POLA KALIMAT : Kata kerja + たばかり

CONTOH :

食堂で 食べたばかり。
しょくどう で たべたばかり。
(Saya) baru saja makan di kantin.

デ二さんと 喫茶店で 一緒に コーヒーを 飲んだばかり。
デ二さん と きっさてんで いっしょに コーヒー を のんだばかり。
(Saya) baru saja minum kopi di kedai kopi bersama Denny.

宿題は もうやったばかり。
しゅくだい は もう やったばかり。
PR-nya baru saja selesai dikerjakan.


新しい言葉(あたらしいことば)
食堂(しょくどう)Kantin (Sekolah, Kantor, dll)
喫茶店(きっさてん)Kedai kopi
宿題(しゅくだい)PR
やった(dari やりました) Selesai

Share this :

Previous
Next Post »