Tata Bahasa JLPT N2 - ge (げ)


Yoo minna san kali ini saya akan update sedikit tata bahasa, cuma satu sih sebenarnya wkwk Jadi ini adalah tata bahasa JLPT N2 げ yang juga bisa diartikan "seperti". Pada kosakata ini sama seperti bentuk そうだ (sepertinya) pada JLPT N3. Baiklah langsung saja kita lihat contoh dibawah :D

~げ (Sepertinya)
------------------------------------------------------
Adjektif い = (さむい ー> さむげ)

Adjectif な = (ハンサム ー> ハンサムげ)

V たい = (行きたい -> 行きたげ)
------------------------------------------------------
あの人眠げだった。
あのひとはねむげだった。
Orang itu sepertinya ngantuk

あの人は何か見たげだった。
あのひとはなんかみたげだった。
Orang itu sepertinya ingin melihat

彼は何かハンサムげだった。
かれはなんかはんさむだった。
Laki-laki itu entah kenapa sepertinya ganteng.

Share this :

Previous
Next Post »