Tata Bahasa 17 - Partikel ga

Selamat pagi, kali ini Nihon Daigaku akan menjelaskan beberapa tentang partikel ga dalam bahasa Jepang. Partikel ga berbeda dengan partikel o. Kalau partikel o digunakan untuk menunjukkan objek dari Kata Kerja. Tetapi untuk partikel ga, digunakan untuk menunjukkan objek yang menggunakan arimasu (ada untuk benda mati) dan wakarimasu (mengerti). 

Apabila kata sifat seperti suki desu, kirai desu, jouzu desu dan heta desu juga menggunakan partikel ga. Jadi kesimpulannya, partikel ga digunakan untuk menunjukkan objek kata sifat dan kalimat yang menggunakan arimasu dan wakarimasu.

Rumus Tata Bahasa :
Subjek は Objek が Suki desu/heta desu/wakarimasu/arimasu


わたしは えいが が すきです。
watashi wa eiga ga suki desu.
saya suka film

わたしは スポーツが すきです。
watashi wa supotsu ga suki desu.
saya suka olahraga

わたしは インドネシアりょうり が すきです
watashi wa indonesia ryouri ga suki desu
saya suka masakan Indonesia

カリナさん は うた が じょうずです。
karina san wa uta ga jouzu desu
Karina jago menyanyi

カリナさん は インドネシアご が じょうずです。
karina san wa indonesia go ga jouzu desu
karina san jago bahasa Indonesia

ワンさん は にほんご が わかります。
wan san wa nihongo ga wakarimasu
wan san mengerti bahasa jepang

ワンさん は かんじ が わかります。
wan san wa kanji ga wakarimasu
wan san mengerti kanji

わたし は カメラ が あります。
watashi wa kamera ga arimasu
saya ada (mempunyai) kamera

わたし は やくそく が あります。
watashi wa yakusoku ga arimasu
saya ada (mempunyai) janji

Bagaimana? Sudah mulai mengerti tentang partikel ga? :D
Apabila masih kurang mengerti silahkan komentar dibawah atau kirim pertanyaan melalui email. Selamat belajar teman-teman~

Share this :

Previous
Next Post »