Tata Bahasa 1 - Partikel wa (は)


Pola kalimat は (wa) merupakan pola kalimat paling dasar dalam bahasa Jepang. は (ha) dibawa 'wa' karena は disini merupakan sebuah partikel yang menjelaskan subjek. Contohnya seperti : saya adalah dokter, saya adalah mahasiswa, dan lain-lain. です (desu) sebenarnya tidak memiliki arti tetapi です merupakan suatu yang harus dipakai di akhir sebuah kalimat.

Pola Kalimat
(SUBJEK) WA (KATA BENDA) DESU
(SUBJEK) WA (KATA BENDA) JYA ARIMASEN
(SUBJEK) WA (KATA BENDA) DESU KA

Contoh kalimat (Bentuk Positif)  ・ は~です (wa~desu)
1. 私  医者 です
    Watashi wa isya desu.
    Saya adalah dokter.

2. 私  ナルト です
    Watashi wa naruto desu.
    Saya adalah Naruto.

3. 私  インドネシア人 です
    Watashi wa Indonesia jin desu.
    Saya adalah orang Indonesia.

Contoh kalimat (Bentuk Negatif)  ・ は~じゃありません (wa~jya arimasen)
1. 私  医者 じゃありません
    Watashi wa isya jya arimasen.
    Saya bukan dokter.

2. 私  ナルト じゃありません
    Watashi wa naruto jya arimasen.
    Saya bukan Naruto.

3. 私  インドネシア人 ではありません
    Watashi wa Indonesia jin dewa arimasen.
    Saya bukan orang Indonesia.


CATATAN :

じゃありません (jya arimasen) dan ではありません (dewa arimasen) memiliki arti yang sama jadi mau memakai yang manapun tetap benar.

Contoh kalimat (Kalimat Tanya) ・ は~ですか (wa~desu ka)
1. あなた  医者 ですか。
    Anata wa isya desu ka.
    Apakah kamu seorang dokter?

2. あなた は ナルトさん ですか。
    Anata wa Naruto desu ka.
    Apakah kamu Naruto?

3. あなた は インドネシア人 ですか。
   
Anata wa Indonesia-jin desu ka.
    Apakah kamu orang Indonesia?


CATATAN :

Apabila menyebut nama seseorang maka harus ditambahkan akhiran さん (san) tetapi apabila menyebut nama sendiri tidak memakai akhiran -san.


Kosakata Baru (新しい言葉 / atarashi kotoba)
私 (わたし watashi) saya
あなた (anata) kamu
インドネシア人 (インドネシアじん Indonesia jin) orang Indonesia
医者 (いしゃ isya) dokter
Kurang jelas tentang partikel yang dijelaskan di atas? Silahkan hubungi kami agar kami bisa menjelaskan apa yang anda kurang mengerti :D

Share this :

Previous
Next Post »